Puncak Lawang, Destinasi Wisata Keluarga di Kabupaten Agam
10-04-2019 12:45 WIB

Sumbar, Multikel.com, Terletak 21 kilometer dari Pusat Kota Bukit Tinggi, Puncak Lawang di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang patut dikunjungi. Deretan perbukitan dengan hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi menyuguhkan panorama alam yang segar dan rindang. Lokasi ini sangat tepat dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga.

Destinasi wisata Puncak Lawang memiliki aneka spot wisata. Sebagaimana dikutip dari Laman Wisata Sumatera, Puncak Lawang bisa dikatakan sebagai tempat terbaik untuk menikmati panorama Danau Maninjau dari ketinggian. Puncak tertinggi di perbukitan Wisata alam Danau Maninjau ini memiliki ketinggian sekitar 1210 mdpl. Dari lokasi ini, danau Maninjau yang biru dan hamparan Samudera Hindia di sebelah Barat Daya Perbukitan Maninjau dapat dinikmati dengan seksama. Sepetak perkampungan dengan puluhan tambak ikan juga menjadi view lainnya. Tak ada yang terlewatkan.

Di Puncak Lawang ini Anda juga dapat memacu adrenalin dengan menjajal Paralayang atau Paragliding sambil menikmati view Danau Maninjau. Sering kali, pemerintah turut menyelenggarakan even Paralayang untuk menambah gairah wisata. Pesertanya datang dari berbagai daerah dan negara. Even berskala internasional tersebut rutin dilakukan setiap tahun.

Untuk menikmati keindahan Danau Maninjau tersebua, sangat disarankan untuk datang ke Puncak Lawang di sebelum tengah hari di antara jam 9-10 karena bila datang kepagian atau kesiangan, maka biasanya kawasan Puncak Lawang maninjau ini sudah tertutup oleh kabut tebal.

Keindahan Puncak Lawang jika dalam kondisi cuaca cerah akan tampak langit biru dan awan putih yang menggempul. Langit biru dihiasi awan seputih kapas ini yang seolah menggantung di atas kepala kita. Dan inilah yang dinamakan Negeri di atas Awan. Tak hanya itu, Puncak Lawang sudah di lengkapi dengan berbagai arena mini outbond yang akan memanjakan Para Pengunjung. Sebut saja seperti wahana Flying Fox, Jembatan Goyang, Jembatan Ban, Panjat Tali, dan lain sebagainya.

Selain itu, kekayaan hutan pinus yang menjulang tinggi  dan berjajar dengan rapi di Puncak Layang menjadikannya sebagai alternatif untuk memanjakan diri dengan alam. Sebagaimana dikutip dari Laman Minang Tourism, Anda bisa menjelajahi hutan pinus ini atau bersantai di sini bersama keluarga sambil makan-makan menikmati keindahan alam Puncak Lawang.

Jangan lupa untuk berfoto bersama keluarga untuk mengabadikan momen indah liburannya. Selain itu, lokasi ini juga bagus untuk dijadikan sebagai lokasi prewedding dan fotografi alam, karena memiliki latar yang fotogenik.

Bagi anda dan keluarga yang ingin berkemah, di kawasan wisata Puncak Lawang sudah disediakan area untuk berkemah. Dengan mencoba berkemah, anda dan keluarga akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dan bisa membuat keluarga semakin harmonis.

Persiapkanlah segala kebutuhan berkemah dari rumah, jangan lupa bawa obat-obatan dan jaket yang tebal untuk melindungi kulit anda dari dinginnya udara Puncak Lawang.

Urusan penginapan, jangan khawatir. Sebagaimana dikutip dari Laman Pedoman Wisata, di dekat Danau Maninjau terdapat sebuah hotel yang cukup bagus yang bernama Hotel Maninjau Indah. Tarif kamarnya Rp 400.000 per malam termasuk sarapan. Tamu dapat menikmati sarapan sambil menatap Danau Maninjau yang mempesona.

Nah, tertarik bukan? Maka siapkan rencana traveling. Untuk pergi ke Puncak Lawang, Anda dapat menggunakan perjalanan darat. Ada dua rute alternatif yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke lokasi, baik barat atau rute timur.

Jika Anda akan dari barat, Anda akan memulai perjalanan dari Kota Padang Panjang dan akan melewati Pariaman menuju Lubuk Basung pertama. Kemudian, kita akan melewati Danau Maninjau dan Kelok 44, dengan sekitar 2,5 jam perjalanan. Sementara itu, jika Anda memilih untuk menggunakan perjalanan dari timur, Anda akan mengikuti rute Padang menuju kota Bukittinggi pertama, ketika Anda tiba di Bukittinggi, Anda dapat menggunakan transportasi umum, mobil pribadi atau mobil sewaan, dan Dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan.

(bagikan informasi)