Kuliner Khas Riau Apa Saja? Yuk Coba!
14-06-2019 15:21 WIB

Riau, Multikel.com-, Riau merupakan salah satu destinasi pariwisata yang kental dengan kebudayaan masyarakat muslim Melayu dan salah satu destinasi unggulan wisata halal. Namun ternyata, provinsi yang dihuni oleh sebagian besar masyarakat melayu ini memiliki sajian kuliner yang begitu menggugah selera setiap wisatawan.Saat berkunjung ke provinsi ini tak ada salahnya jika mencicipi makanan khas Riau. Nah apa saja makanan khas Riau yang patut dicoba saat melancong ke daerah ini?

Berikut ulasan mengenai kuliner khas Riau yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber, Jumat (7/3/2019). Berikut beberapa kuliner khas Riau yang wajib kamu cicipi:

Gulai Ikan Patin
Makanan yang terkenal dari Provinsi Riau adalah Gulai ikan patin. Makanan Khas Riau ini tepatnya berasal dari Pekanbaru, Riau. Gulai ikan patin ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat, dan pucuk daun ubi rebus.

Ciri khas dari gulai ini adalah potongan ikan patin yang disiram dengan kuahnya yang kuning. Cita rasa pedas manis pada kuah serta kenyal dan gurihnya ikan patin membuat masakan ini banyak diburu wisatawan saat berkunjung ke Riau.

Mie Lendir
Mungkin agak sedikit aneh saat mendengar nama dari kuliner satu ini. Namun, rasa dari Mie Lendir ini sudah tak diragukan lagi kenikmatannya.Mie lendir terbuat dari mie kuning beserta toge, yang disiram dengan kuah kacang dicampur ubi dan rempah. Secara umum mie ini sama dengan mie jenis lainnya. Perbedaannya terletak pada kuah mie ini yang sangat kental hingga menyerupai lendir.

Gulai Belacan
Gulai Belacan merupakan makanan khas Riau yang wajib disantap ketika Anda berada di Riau. Belacan merupakan nama lain dari terasi yang begitu dikenal oleh orang Sumatera. Makanan khas daerah Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan.

Roti Jala
Roti jala merupakan salah satu cemilan yang banyak ditemui di Riau. Roti ini terbuat dari tepung dengan bentuk mirip jala. Roti jala biasanya disatap dengan siraman kuah berupa kuah kari atau kuah durian. Roti Jala ini masih merupakan kudapan masyarakat melayu lho.

Mie Sagu
Seperti namanya, Mie sagu merupakan mie yang terbuat dari sagu. Mie sagu biasanya disajikan bersama ikan bilis, daun kucai, rebusan tauge, dan rempah lainnya. Mie ini dioleh dengan cara di goreng.Makanan khas Riau satu ini cocok disantap bagi para pengidap diabetes atau yang sedang dalam program diet karena kadar gula dari sagu sendiri tidaklah terlalu tinggi dibanding dengan tepung lain.

Es Laksamana Mengamuk
Es Laksamana Mengamuk menjadi sajian khas masyarakat Riau terutama saat bulan puasa. Minuman tradisional khas Riau ini punya sejarah keberadaan yang panjang. Konon, nama minuman tradisional ini berasal dari cerita seorang laksamana yang mengamuk sambil menebas buah kueni, yang kemudian dijadikan minuman oleh para ibu.Minuman ini terbuat dari mangga kuini, santan, selasih dan gula merah. Es Laksamana Mengamuk memang cocok diminum untuk mengusir dahaga karena rasanya yang menyegarkan.

Lopek Bugi
Lopek bugi merupakan camilan khas Riau. Camilan ini dulunya kerap disajikan untuk para bangsawan, namun saat ini lopek bugi sudah banyak ditemukan sebagai makanan khas Riau.

Lopek bugi terbuat dari ketan dan santan dibalut dengan daun pisang, didalamnya terdapat isian kelapa muda yang manis. Nah, itu tadi ragam makanan khas Riau yang kelezatannya sayang banget buat dilewatkan. Makanan mana yang jadi favoritmu? (LPT)

(bagikan informasi)