8 Kuliner Halal dan Enak di Bali untuk Halal Travelers, Sudah Coba?
29-03-2019 15:07 WIB

Multikel.com, Traveling ke Bali kurang afdol rasanya kalau tidak berburu makanan khas Bali. Namun, kebanyakan para halal traveler mendapatkan kendala ketika saatnya berburu kuliner, hal ini disebabkan sebagian besar kuliner Bali berbahan dasar bahan yang mengadung Babi. Berikut ini kami akan informasikan 8 Kuliner Halal di Bali yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Bali.

Meski sudah diteliti,  ada baiknya kamu tetap double check mengenai sertifikat halal dan hal lain yang diperlukan sebelum mengunjungi tempat-tempat di bawah ini yah!

1. Warung Mami
Ke Bali kurang afdol rasanya kalau gak makan seafood. Salah satu yang wajib kamu coba adalah Warung Mami di Jalan Uwuta II No. 30, Jimbaran.

Harga makanan di sini dibanderol sekitar 40 ribu per orangnya. Makanannya sungguh menggoda, salah satu menu spesialnya yang bisa kamu coba adalah kerang bakar.
 

2. Nasi Pedas Bu Andika

Tidak melulu soal seafood, kamu bisa merasakan makanan khas Jawa di Pulau Dewata. Sesuai namanya, kamu bisa makan ala carte dengan berbagai lauk pauk dan sambal pedasnya yang maknyus banget.

Penulis sempat mencobanya, sambalnya memang mantap, tapi beberapa rasa lauknya agak manis. Nasi Pedas Bu Andika buka 24 jam. Kamu bisa mencobanya di Jalan Blambangan, Kuta, Kabupaten Badung.

3. Ayam Betutu khas Gilimanuk
Inilah salah satu kuliner khas Bali yang sayang banget untuk kamu lewatkan. Cita rasa masakannya sangat lezat dengan perpaduan rempah-rempah yang meresap hingga ke dalam dagingnya.

Sayangnya kamu harus berhati-hati, karena beberapa warung menyajikannya dengan lawar (darah dari daging). Salah satu yang direkomendasikan adalah yang berada di Jalan Raya Tuban di daerah Kuta.

Harganya dibanderol mulai Rp 10-78 ribu per porsinya. Warung ini buka selama pukul 09.00-22.00.

4. Kynd Community

Hadirnya turis asing di Bali tidak hanya membawa pengaruh banyaknya kuliner babi dan minuman alkohol. Kamu juga bisa menemukan beragam makanan sehat dan enak, layaknya di Kynd Community, Jalan Petitenget Nomor 12.

Adapun beberapa menu sehatnya, seperti salad, smoothies, minuman detoks, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu yang tidak terbiasa dengan menu tersebut, bisa mencicipi burger, kentang goreng, dan sebagainya dengan harga mulai Rp 30 ribu. 

5. Rujak Bali

Makan buah merupakan alternatif paling mudah dan aman di Bali. Ada banyak orang yang menjualnya di pinggir jalan atau di pantai mulai dari Rp 10 ribu.

Selagi menantikan momen matahari terbenam, kamu bisa menikmatinya. Makin mantap kalau dipadukan dengan es kelapa muda. Ah, segar!

6. Nasi Pecel Bu Tinuk

Siapa bilang pecel hanya ada di Jawa Timur? Bali juga memiliki warung pecel yang cukup populer dan rasanya begitu enak. Lokasinya di Jalan Raya Tuban, depan bank Mandiri Kuta. Kamu bisa memilih ragam lauk sesuai selera.

7. Nasi Tekor
Kuliner khas Bali satu ini cukup unik dan masih jarang didengar oleh kebanyakan wisatawan, Nasi Tekor. Merupakan nasi yang disajikan di dalam tekor atau pincuk, yaitu wadah tradisional yang terbuat dari daun pisang yang sudah digunakan dari zaman dulu.

Berlokasi di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Timur kamu pun akan menikmati suasana seperti makan di rumah tua lengkap dengan pernak pernik hiasan yang akan membawa-mu bernostalgia ke masa kecil dulu. Oh ya, yang jualan disini adalah pasangan kakek nenek, so sweet banget kan!

8. Bebek Bengil
Merupakan pelopor untuk menu Crispy Duck alias Bebek Goreng Krispi, restaurant ini gak pernah sepi pengunjung. Tim LiburanBali kemarin juga sempet nyobain Bebek Bengil yang ada di The Bay Nusa Dua baru-baru ini. Memang Crispy Duck nya harus di acungin jempol!

Dengan suasana yang mirip di Ubud, Bebek Bengil di Nusa Dua juga memberikan suasana asri yang di kelilingi pepohonan dan juga gazebo ala Bali. Bedanya, disini kamu tidak akan menemukan pemandangan pematang sawah, namun kamu akan menikmati pasir putih khas Nusa Dua.
 

(bagikan informasi)