4 Tips Sederhana Sebelum Investasi di Dunia Saham
12-04-2019 15:46 WIB

Jakarta, Multikel.com, Pasar saham mampu menarik ratusan ribu pembeli dan penjual setiap hari. Ini adalah pasar terbaik bagi orang-orang yang memiliki keberuntungan dan pengetahuan tentang cara berinvestasi di dunia saham. Sektor ini tidak pula mengharuskan seseorang untuk memiliki IQ superior untuk berhasil berinvestasi di saham. Platform seperti Investors Hangout dapat membuatnya lebih mudah bagi orang-orang yang tidak pernah duduk di kelas ekonomi menjadi pedagang yang sukses di pasar saham.

Sebagaimana dikuti dari Azbigmedia,  sebelum memulai aktifitas di sektor saham, ada baiknya Anda membaca empat tips sederhana ini.

1. Memiliki tujuan jangka panjang

Salah satu alasan mengapa orang menabung adalah untuk berinvestasi. Jadi, Anda harus memulai perjalanan dengan menabung cukup banyak untuk memungkinkan Anda berdagang saham. Setelah Anda mengumpulkan cukup uang, Anda harus memutuskan apakah investasi Anda dalam saham jangka pendek atau jangka panjang. Juga, mengetahui kapan Anda akan membutuhkan keuangan untuk hal yang sangat penting karena membantu Anda memutuskan untuk melakukan investasi jangka panjang atau jangka pendek.

2. Memahami risiko dan mengembangkan toleransi

Toleransi adalah sifat genetik, tetapi dapat dipengaruhi oleh pendapatan dan pendidikan. Juga, ketika seseorang tumbuh lebih kaya, mereka mengembangkan kecenderungan untuk menjadi lebih toleran. Dalam kasus manusia, tingkat toleransi menurun seiring bertambahnya usia. Jadi, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam saham, sangat penting bagi Anda untuk mengembangkan tingkat toleransi juga. Ini akan membantu Anda mengatasi hasil yang tidak menguntungkan dan bersiap untuk berdagang lagi.

Di lain sisi penting untuk dicatat, persepsi sangat penting dalam investasi. Jika Anda merasa bahwa berinvestasi dalam saham tidak terlalu berisiko, itu akan membantu meningkatkan toleransi Anda. Setelah Anda memahami toleransi Anda, itu akan membantu Anda memilih investasi yang akan membuat Anda tidak terlalu cemas. Aset apa pun yang membuat Anda cemas dapat menyulitkan Anda untuk tidur. Ini merangsang rasa takut dan dapat menyebabkan stres.

3. Kendalikan emosi

Hambatan terbesar dalam investasi saham adalah ketidakmampuan investor untuk mengendalikan emosi. Ketika Anda tidak dapat menguasai perasaan Anda, menjadi sulit untuk membuat keputusan investasi. Perhatikan bahwa emosi gabungan investor di pasar mana pun akan selalu menentukan harga saham. Ketika sebagian besar investor khawatir, kemungkinan akan mengurangi harga saham. Sebaliknya, ketika mereka merasa positif, harga saham naik. Jadi, jika Anda memutuskan untuk terjun ke saham, mengembangkan sikap positif akan membantu saham Anda tumbuh.

4. Pelajari dasar-dasarnya

Sebelum Anda melakukan investasi, Anda perlu mempelajari dasar-dasarnya. Jangan hanya terjun ke pasar tanpa mengumpulkan informasi yang cukup. Juga, Anda perlu memilih perusahaan yang ingin Anda investasikan dengan hati-hati. Jangan hanya berinvestasi pada saham apa pun yang menghampiri Anda. Memahami definisi dan metrik dasar seperti laba atas ekuitas, laba per saham, rasio P / E dan banyak lagi.

Yang terakhir, belajarlah untuk mendiversifikasi investasi Anda. Jika Anda mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik, memperluas investasi akan membantu mengurangi risiko. Penelitian ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi bahaya yang dapat membahayakan posisi Anda. Hal ini memungkinkan Anda melikuidasi investasi Anda sebelum merugi.

(bagikan informasi)